Contoh Surat Pernyataan CPNS dan ASN yang Baik dan Benar

Contoh surat pernyataan CPNS dan ASN – Memang saat ini, rekruitmen untuk calon pegawai negeri sipil sendiri sedang marak untuk di lakukan. Bahkan hal ini sedang booming, untuk beberapa waktu saat ini. Bahkan tidak tanggung-tanggung, bahwa saat ini hampir semua instansi yang ada di daerah juga ikut membuka lowongan untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS). Salah satu situs resmi milik Badan Kepegawaian Negara yang perlu dikunjungi yaitu sscn.bkn.go.id. Dengan adanya ini, maka banyak orang juga yang membutuhkan surat lamaran CPNS dan surat untuk pernyataan CPNS.

Memang untuk sebagian besar lembaga sendiri memberikan petunjuk. Namun untuk beberapa lembaga bahkan memberikan petunjuk untuk mengharuskan surat lamaran agar ditulis dengan tangan. Namun saat ini masih banyak yang bingung, bagaimana contoh dan juga format mengenai surat untuk pernyataan CPNS sendiri. Berikut ini adalah beberapa referensi untuk contoh surat pernyataan CPNS.

Download juga : Contoh surat pernyataan cpns [ file PDF ]

Contoh surat pernyataan CPNS guru

surat pernyataan cpns guru

Kepada Yth,

Ibu (sebutkan nama orang yang akan dituju untuk surat pernyataan yang anda ingin kirimkan)

Di

(sebutkan nama lokasi dimana anda akan mengirimkan, surat tersebut)

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama : (nama yang sesuai dengan kartu tanda pengenal yang anda miliki)
  2. Tempat/Tanggal Lahir : (tempat dan juga tanggal lahir sesuai kartu tanda pengenal)
  3. Jenis Kelamin : (sebutkan jenis kelamin anda)
  4. Agama :
  5. Alamat :
  6. Formasi yang dilamar : (sebutkan formasi yang ingin anda lamar di pns)
  7. Jabatan yang dilamar :
  8. Pendidikan terakhir :
  9. IPK :
  10. Nomor Telepon :
  11. Email :

Dengan ini kami menyampaikan surat untuk pernyataan untuk melakukan lamaran mengikuti seleksi untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil di pemerintahan kabupaten (lokasi dimana anda akan melamar beserta wilayahnya secara jelas). Sebagai bahan untuk mempertimbangkan bersama ini dapat disampaikan lampiran berkas (scan) yang asli dan juga telah diunggah melalui website sscn.bkn.go.id.

Rincian ini disampaikan dengan sebagai berikut :

  1. Surat lamaran ini tentunya ditunjukkan untuk (orang yang akan ditujukan surat mengenai pernyataan anda yang akan melamar menjadi CPNS). Diketik dengan menggunakan komputer bermaterai 6.000,- dan juga ditandatangani menggunakan pena berwarna hitam.
  2. Kartu tanda penduduk (KTP) asli atau juga surat keterangan telah melakukan rekaman dalam kependudukan yang mana di keluarkan oleh dinas kependudukan dan juga catatan oleh sipil (Dukcapil).
  3. Ijazah dan juga transkrip ijazah yang memiliki nilai dan sudah di legalisir basah.
  4. Surat berupa pernyataan (surat ini juga sesuai dengan yang sudah sesuai format yang diunduh di portal SSCN) yang mana telah di tandatangani dengan pena hitam beserta materai 6.000,-
  5. Melampirkan pas photo juga berlatar belakang warna merah yang berukuran 4×6 sebanyak 1 lembar.

Demikian dalam surat lamaran ini dibuat dengan sungguh-sungguh, adapun beberapa hal data dan juga dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila nantinya di kemudian hari ditemukan data yang mana tidak benar, maka saya juga akan menerima keputusan panitia yang mana membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS pemerintahan (lokasi anda melamar sebagai CPNS). Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

(lokasi anda saat ini dan tanggal pembuatan surat di lakukan)

Yang membuat pernyataan

 

(nama anda secara lengkap)

 

Contoh Surat Pernyataan CPNS 2019

surat pernyataan CPNS

Yang terhormat,

(tujuan surat anda atau lokasi surat anda akan dibuat)

Di (lokasi surat ini akan di tuju)

 

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama :

Tempat/tanggal lahir :

Jenis kelamin :

Pendidikan :

Wilayah pendaftaran :

Jabatan yang di lamar :

Alamat domisili :

 

Dengan ini menyampaikan surat untuk lamaran, agar dapat untuk mengikuti seleksi penerimaan calon. Untuk pegawai negeri sipil di (tempat dimana anda dapat melamar sebagai calon untuk pegawai negeri sipil pada tahun anggaran 2019).

Sebagai sebuah bahan untuk pertimbangan, berikut di sampaikan dengan hal-hal sebagaimana berikut ini :

  1. Surat yang akan digunakan untuk lamaran, dengan disertai materai 6000 yang mana ditunjukkan kepada (lokasi tempat anda akan mendaftar atau melamar sebagai pegawai negeri sipil).
  2. Scan kartu tanda penduduk (KTP)
  3. Scan dalam surat keterangan domisili
  4. Scan ijazah SLTA (anda juga dapat mengisi ijazah yang sesuai dengan pendidikan terakhir yang anda miliki)
  5. Scan transkrip daftar nilai pada ijazah (anda dapat melampirkan transkrip nilai yang anda miliki)
  6. Scan untuk surat pernyataan dari pelamar yang juga menyertakan dengan materai 6000
  7. Pas untuk foto yang berlatar belakang warna merah, dengan ukuran 3×4
  8. Lembar untuk bukti kartu pendaftaran SSCN pada tahun 2019 (sertakan lampiran asli)

Demikian surat untuk lamaran ini dibuat, adapun dengan seluruh data dan juga dokumen yang saya berikan adalah memang benar adanya. Dalam hal ini apabila nnatinya di kemudian hari akan ditenmukan data yang tidak benar, maka saya akan menerima keputusan oleh panitia untuk membatalkan keikutsertaan saya untuk seleksi CPNS pada tahun 2019. Atas perhatian ini juga saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Materai 6000 (tanda tangan)

(nama anda yang tertera di kartu tanda pengenal)

Contoh surat pernyataan CPNS masuk Kemendikbud 2019

surat pernyatan CPNS

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama :

Tempat, Tanggal lahir :

Jenis Kelamin : Laki-laki/Perempuan

NIK :

Pendidikan :

Kode dan Nama formasi jabatan yang di lamar :

Agama :

Alamat saat domisili saat ini :

Alamat sesuai KTP :

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

  1. Warga Negara Indonesia yang mana bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, setia dan juga taat kepada Negara salah satunya Pancasila, UUD 1945, dan juga Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Tidak pernah sekalipun menjalani pidana dengan pidana penjara, yang mana berdasarkan dengan keputusan pengadilan yang sudah memiliki hukum yang tetap. Hal ini dikarenakan melakukan suatu tindakan pidana dengan pidana penjara selama 2 tahun atau bahkan lebih.
  3. Tidak pernah berhenti atau diberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan yang diinginkan sendiri atau dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil, anggota TNI atau polri sekalipun, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan dengan secara paksa atau tidak dengan hormat selama menjadi pegawai swasta.
  4. Tidak sedang berkedudukan sebagai calon untuk pegawai negeri sipil atau pegawai negeri sipil sendiri, prajurit TNI, atau anggota kepolisian, dan juga siswa dari sekolah ikatan dinas di pemerintahan.
  5. Tidak juga sedang terlibat dalam sebuah organisasi kemasyarakatan yang mana dinyatakan terlarang oleh pemerintahan sendiri
  6. Tidak sedang menjadi seorang anggota atau yang mana menjadi pengurus dalam partai politik, atau bahkan terlibat dalam politik praktis.
  7. Dipastikan memiliki kualifikasi sebuah pendidikan yang mana sesuai dengan persyaratan jabatan yang dibutuhkan.
  8. Sehat dalam jasmani dan juga rohani, dalam hal ini juga tidak memiliki ketergantungan dimana terhadap narkoba atau obat-obatan yang terlarang sejenisnya. (anda juga dapat melampirkan surat keterangan sehat jasmani dan juga rohani dan juga anda dapat melampirkan surat bahwa anda bebas dari narkoba yang berasal dari rumah sakit pemerintah setempat. Pastikan bahwa surat tersebut masih berlaku dan juga wajib untuk dinyakan lulus pada pengumuman kelulusan terakhir nanti).
  9. Untuk anda yang mana merupakan jenis formasi disabilitas, anda juga dapat melampirkan surat keterangan disabilitas yang di dapat dari dokter (wajib untuk melengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan anda yang terakhir).
  10. Memiliki ketersediaan untuk mengabdi pada kementerian pendidikan dan juga budaya yang mana tidak akan mengajukan pindah dengan alasan apapun. Dalam hal ini sekurang-kurangnya selama 10 tahun lamanya sejak terhitung masa kerja yang anda jalankan sebagai pegawai negeri sipil.
  11. Bersedia untuk di tempatkan di seluruh wilayah kesatuan, Negara republic Indonesia.
  12. Tidak memiliki tato atau yang mana bekas tato bahkan tinfik di anggota badan lainnya selain di telinga. Hal ini juga terkecuali disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

Demikianlah surat untuk pernyataan ini dapat dibuat, dengan sesungguh-sungguhnya. Apabila jika dikemudian hari data yang ada tidak benar adanya, maka saya sendiri akan menerima keputusan panitia untuk dapat membatalkan keikutsertaan atau kelulusan saya pada seleksi CPNS dari kementerian pendidikan dan budaya tahun anggaran 2019. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

(nama kota, tanggal dan juga bulan tahun 2019)

Yang membuat pernyataan

Materai 6000

Nama lengkap

Contoh surat pernyataan CPNS Kemenkumham 2019

surat pernyataan CPNS

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Nomor induk kependudukan (NIK):

Alamat :

Salah Pekerjaan pada KTP :

Jenjang pendidikan terakhir :

Program studi :

Jabatan yang di lamar :

Merupakan salah satu pelamar yang mana calon negeri sipil (CPNS) pada Kementerian Hukum dan HAM. Yang mana dengan ini menyatakan dengan penuh adanya kesadaran dan juga tanpa adanya paksaan dari pihak manapun bahwa saya sendiri:

  1. Merupakan salah satu warga Negara Indonesia yang mana bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa dan juga setia dan taat kepada pancasila, UUD 1945 dan juga Negara kesatuan republic Indonesia.
  2. Memiliki sebuah karakter, dimana merupakan pribadi yang juga selaku dengan pelayanan untuk publik.
  3. Mampu untuk berperan, sebagai salah seorang yang dapat menjadi perekat NKRI.
  4. Tidak pernah menjalankan masa pidana, ataupun melakukan tindak pidana yang mana berdasarkan dengan putusan dari pengadilan yang mana telah memiliki ketetapan hukum untuk melakukan hukuman.
  5. Tidak pernah diberhentikan secara paksa, yang mana dengan hormat atas permintaan sendiri atau bahkan atas tidak ada dengan hormatnya sebagai seorang pegawai TNI, POLRI, pegawai BUMN/BUMD, atau bahkan diberhentikan dengan cara yang tidak hormat selaku pegawai swasta.
  6. Tidak sedang dalam berkedudukan sebagai calon pegawai negeri sipil atau mana pegawai negeri sipil, TNI, atau bahkan siswa dalam ikatan sekolah pemerintahan.
  7. Tidak sedang dalam menjadi anggota, atau sedand dalam mengurus sebuah partai politik.
  8. Memiliki sebuah jenjang pendidikan, dan juga program studi yang mana memiliki kualifikasi dan sesuai dengan kriteria pendidikan yang mana sesuai dengan jabatan.
  9. Dalam keadaan yang sehat jasmani, rohani dan juga jiwa ataupun mental
  10. Tidak sedang dalam ketergantungan yang kuat dalam narkotika, dan juga obat-obatan yang terlarang atau sejenisnya.
  11. Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia, atau yang mana wilayah yang sudah ditetapkan oleh Kementerian hukum dan juga HAM.

 

Yang menyatakan

 

(nama peserta)

 

 

Comments (No)

Leave a Reply