Contoh Makalah Beserta Pedoman Pembuatannya

Contoh Makalah – Bagi anda yang masih menempuh jenjang pendidikan baik masih Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), ataupun yang kuliyah sering kali mendapatkan tugas seperti halnya makalah baik dari guru maupun dosen pembimbing sebagai tugas penilaian mapel tertentu ataupun laporan akhir tahun.

Sesuai kapasitas jenjang pendidikannya,antara SD-SMA biasanya dalam kesalahan pembuatan makalah pihak guru masih memberikan toleransi.  Namun berbeda ketika anda masuk ke perguruan tinggi maka penilaian terhadap makalah sangat ketat, dan tidak ada toleransi dari pihak dosen pembimbing, maka dari itu segala unsur-unsur dalam makalah wajib harus sesuai dengan kaidah yang ada,yaitu sesuai penulisan EYD dan baik dan benar secara ilmiah.

Jadi alangkah baiknya sebelum melihat contoh makalah yang baik dan benar, anda perlu mengetahui secara mendetail tatacara pembuatan makalah yang baik dan benar agar makalah yang anda buat akan diterima oleh pihak penguji atau paling tidak akan meminimalisir revisi kesalahan yang ada.

A. Syarat Ketentuan Makalah

Bahkan BSN (Badan Standarisasi Nasional) menyebutkan bahwa sebuah karya tulis disebut makalah apabila memenuhi syarat berikut :

  • Makalah merupakan pemikiran sendiri, yaitu original bukan hasil jiplakan dari makalah lainnya atau karya tulis lainnya tanpa melalui proses.
  • Makalah belum pernah dipublikasikan sebelumnya, yaitu belum pernah dijadikan tugas oleh pihak lain maupun milik sendiri akan tetapi pernah dinilaikan sebelumnya.
  • Mengandung unsur kekinian (relevan dengan kurun waktu) yaitu, hasil dari makalah tersebut bisa diplikasikan saat ini sesuai kurun waktunya.
  • Bersifat ilmiah yaitu, melalui proses yang benar benar sesuai dengan aturannya, tidak asal-asalan dan mencantumkan sumber-sumber yang kuat.

Ada baiknya mengikuti contoh makalah yang baik dan benar supaya bisa menyelesaikan tugas dengan baik serta mendapatkan nilai yang bisa membawa anda untuk lulus mata kuliah tersebut. Untuk membuat makalah yang benar, maka anda harus memastikan menulis makalah sesuai dengan EYD atau menggunakan tata bahasa yang baku.

Format halaman dan format gambar yang sesuai, susunan kerangka makalah yang tepat. Bahkan penyusunan daftar pustaka pun harus sesuai dengan kaidah yang berlaku. Memang sedikit rumit, tetapi untuk mendapatkan yang terbaik anda harus melakukan sesuai peraturannya.

B. Petunjuk Pembuatan Makalah

Berikut ini adalah petunjuk untuk membuat makalah yang baik dan benar sesuai kaidal ilmiah, agar tugas makalah sesuai yang diharapkan oleg penguji :

  • Pemilihan Topik Makalah

Topik merupakan suatu tema didalam proses pembuatan makalah itu sendiri. Topik makalah didapatkan dari hasil uraian latar belakang persoalan makalah yang akan dibahas. Topik makalah diharuskan menarik dan juga layak dikonsumsi seluruh masyarakat secara luas, mencakup seluruh kajian keilmuan didalama masyarakat luas,agar kemanfaatan dari makalah tersebut dapat dirasakan oleh pembaca lebih-lebih masyarakan umum.

  • Pemilihan Bahasa Makalah

Dalam pemilihan bahasa makalah kalau bisa disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Secara umum  menggunakan Bahasa Indonesia jika berada diregional Negara Indonesia, dan pastikan penggunaan kata baku lebih baik dalam penulisan yang telah disesuaikan dengan kaidah penulisan EYD.

Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Makalah yang baik dan benar yaitu makalah yang dalam proses pembuatannya sesuai dengan unsur kerangka makalah, serta memenuhi aturan penulisan yang ada sesuai kaidah kata baku dan EYD yang ada. Berikut susunan kerangka makalah yang baik dan benar. contoh kerangka makalah yang baik dan benar yaitu sebagai berikut :

  1. Cover makalah
  2. Abstrak
  3. Daftar isi
  4. Kata pengantar
  5. Pendahuluan
  6. Isi
  7. Kesimpulan
  8. Saran
  9. Penutup
  10. Daftar pustaka
  11. Lampiran

1. Contoh Cover makalah

Cover berada pertama kali dihalaman makalah yang akan menjadi sumber penilaian pertama kali suatu makalah, karena ibarat sebuah bukuh pastilah yang akan menarik pembaca yaitu covernya, terlihat sesuai dengan kaidah penyusunan yang baik dan benar  atau tidak.

Sebuah cover atau sampul makalah didalamnya diharuskan memuat beberapa hal yaitu :

  • Judul makalah
  • Tujuan dalam pembuatan makalah
  • Masukkan logo lembaga atau universitas (kira – kira dibagian tengah)
  • Nama penyusun makalah, baik kelompok ataupun individu
  • Nama lembaga atau institusi, baik sekolah dll
  • Tahun pembuatan makalah

Ketentuan dalam penulisan makalah yaitu sebagai berikut :

Dalam penulisa makalah meliputi beberapa ketentuan yang harus sesuai dengan kaidahnya yang benar. Adapun kaidah penulisan makalah yang baik dan benar sebagai berikut :

  • Pastikan anda menulis nama penyusun dengan jelas dan tanpa menggunakan singkatan. Juga tak perlu sebuah penulisan gelar pendidikan.
  • Sedangkan untuk makalah yang menyertakan nama dosen pembimbing maka diharuskan menyertakan gelar sesuai penulisan gelar yang benar.
  • Judul menggunakan huruf kapital yang diBOLD atau ditebalkan.
  • Font-nya menggunakan tipe Times New Roman,ukuran font 14 dengan menggunakan layout center atau rata tengah.
  • Nama penyusun makalah cukup Kapital awalnya saja.
  • Untuk nama universitas harus gunakan huruf kapital yang ditebalkan (bold).
  • Pastikan judul yang ditulis di cover merupakan judul yang menarik informatif, singkat dan jelas bagi pembaca makalah.

Berikut contohnya:

PENGARUH INTERNET DALAM KEHIDUPAN KESEHARIAN MASYARAKAT

 

( GAMBAR LOGO LEMBAGA )

 

Disusun oleh :

Abdul Khalid

00236457(Nomor Induk Mahasiswa)

Universitas Negeri Semarang

SEMARANG

2019

*BACA JUGA : ( Contoh cover makalah yang baik dan benar )

2. Contoh Abstrak Makalah

Makalah yang baik baik dan benar harus menyertakan halaman abstrak. Halaman abstrak memiliki 2 bahasa yang pertama dengan bahasa Inggris yang kedua bahasa Indonesia. Untuk abstrak dengan bahasa Inggris maka maksimal yang paling banyak yaitu dibatasi  200 suku kata. Sedangkan abstrak dengan bahasa Indonesia yaitu paling banyak maksimal 250 suku kata. Sedangkan abstrak dalam  dibatasi sebanyak 250 kata. Halaman abstrak memuat beberapa kesimpulan. Yang menerangkan pembahasan inti atau hipotesa makalah.

Peletakan abstrak dengan bahasa Indonesia harus didahulukan sebelum bahasa Inggris apabila yang akan dibuat yaitu makalah dengan skala wilayah lokal Indonesia. Sedangkan peletakan abstrak dengan bahasa Inggris harus didahulukan sebelum bahasa indonesia apabila yang akan dibuat yaitu makalah skala Internasional atau mancanegara.

Contoh abstrak pada makalah :

“Studi ini mengeksplorasi pola penggunaan video game dan kecanduan video game di kalangan mahasiswa pria dan meneliti bagaimana kecanduan video game terkait dengan ekspektasi keterlibatan di perguruan tinggi, rata-rata tingkat perguruan tinggi (IPK), dan pelanggaran narkoba dan alkohol di kampus. Partisipan adalah 477 pria, siswa tahun pertama di sebuah perguruan tinggi seni liberal. Pada minggu sebelum dimulainya kelas, peserta diberikan dua survei: satu dari keterlibatan perguruan tinggi yang diharapkan, dan yang kedua dari penggunaan video game, termasuk ukuran kecanduan video game. Hasil menunjukkan bahwa kecanduan video game (a) berkorelasi negatif dengan keterlibatan perguruan tinggi yang diharapkan, (b) berkorelasi negatif dengan IPK perguruan tinggi, bahkan ketika mengendalikan IPK sekolah menengah, dan (c) berkorelasi negatif dengan pelanggaran narkoba dan alkohol yang terjadi selama pertama kali. tahun di perguruan tinggi. Hasilnya dibahas dalam hal implikasi untuk keterlibatan dan kesuksesan siswa laki-laki di perguruan tinggi, dan dalam hal validitas konstruk kecanduan video game. ”

3. Contoh Daftar Isi Makalah

Pembuatan daftar isi yang baik dan benar akan memudahkan pembaca. Karena pembaca akan dengan mudah mencermati subjudul bab perbab yang ada. Serta akan dengan mudah, memahami alur dari makalah tersebut.

Pemberian nomor urut diharuskan dalam bab, subbab, judul, subjudul dan lainnya. Seperti angaka 1-100  dan seterusnya. Serta angka romawi sepeti I, II, III, IV, dan seterusnya.

DAFTAR ISI

Cover    …………………………………………………………………………….………..I

Abstrak ……………………………………………………………………………………… II

Abstract ……..…………………………………………………………………….………… III

Daftar Isi …………………………………………………………………………………….IV

Kata Pengantar ……………………………………………………………………………. 1

I Pendahuluan ………………………………………………………..………….…..……. 3

I.I Latar Belakang ………………………………………………………..…………4

I.II Rumusan Masalah …………………………………………..…………………5

I.III Tujuan Pembahasan …………………………………………………………6

II. Isi ………………………………………………………………………………….………7

II.I Pengenalan Kota Semarang  Jawa Tengah ……………….. 8

Kultur ……………………………………………………………..….. 9

Jumlah sesnsus kependudukan ………………………….…..………… 9

Kebudayaan islami masyarakat ………………………………………………………………………..……….11

II.II Budaya dan agama ………………………………….…………… 20

Kebudayaan jawa …………………………………………….…… 24

Kebudayaan dengan agama islam …………26

II.III penganalisaan ………….…………………………………………………….………29

III. Kesimpulan ………………………………………………………………….…….… 30

Saran ……………………………………………………………………………………… 35

Penutup ……………………………………………………………………..…………… 39

Daftar Pustaka ……………………………………………………………..…………… 40

Daftar Gambar …………………………………………………………………………… 50

Daftar Diagram ………………………………………………………………………………54

Lampiran …………………………………………………………………..…………….. 55

*BACA JUGA : ( Contoh daftar isi makalah yang baik dan benar )

4. Contoh Kata Pengantar Makalah

Biasanya pada bab ini berisi tentang rasa syukur penyusun atas pihak-pihak yang ikut membantu dalm terselesaikannya makalah. Sepertihalnya trimakasih kepada orangtua, guru, dosen, Tuhan Yang Maha Esa. Dan menerima kritik dan saran guna sebagai bahan perbaikan.

Seperti contoh kata pengantar singkat :

“Alhamdulillah puja dan puji syukur kami haturkan kepada Yang Maha Kuasa. Yaitu Allah Subhanahu wata’ala atas limpahan taufiknya sehingga kami atas nama tim penyusun dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik tanpa kendala suatu apapun. Juga orang tua kami guru-guru kami atas bimbingannya selama ini.  Semoga makalah ini ( judul makalah ) dapat memberikan banyak manfaaat. Atas perhatiannya kami juga tudak menutup kemungkinan apabila dalam kami membuat makalah ini ada kekeliruan dan kekhilafan. Maka dari itu kami selaku tim penyusun mohon kritik dan sarannya. Agar bisa sebagai bahan perbaikan atau menjadikan makalah ini lebih baik”.

*BACA JUGA : ( Contoh kata pengantar yang baik dan benar )

5. Contoh Pendahuluan Makalah

Pendahuluan dalam makalah biasanya terdiri dari bahasan topik awal dengan sudut pandang penulis atau penyusun. Baik itu disusun secara individual maupun kelompok. Pendahukuan bsrisi sebagian besar dari topik yang akan dibahas dalam makalah. Unsur-unsur yang terkadung dalam bab pendahuluan yaitu mencakup latar belakang, tujuan, serta keterangan tambahan yang diperlukan lainnya, berikut contoh pendahuluan makalah :

lmu pengetahuan kontemporer benar-benar menjadi teknologi paling modern, dan ruang kelas kami tidak terkecuali. Alat digital seperti komputer, telepon pintar, laptop, tablet sangat penting. Sementara orang tua kami baik-baik saja hanya dengan pena dan kertas, generasi kami membutuhkan lebih banyak. Ini karena era teknologi baru. Pandangan baru tentang kehidupan dan dunia membutuhkan alat dan pendekatan baru.

6. Isi Makalah

Isi makalah merupakan bagian terpenting lainnya yang menentukan bagus tidaknya pembahasan makalah tersebut. Adapun isi berisikan tentang uraian permasalan, peneletitian atau observasi suatu objek. Kemudian yang akan diulas secara spesifik dengan menghasilkan kesimpulan atau jawaban dari persoalan tersebut. Yang bahan observasinya bisa diambil dari turun langsung ke lapangan ataupun wawancara terhadap pihak-pihak yang terkait.

8. Saran Makalah

Saran makalah, bab ini berisikan anjuran dari penulis terhadap para pembaca khususnya masyarakat, bisa menggunakan atau menerapkan sisi positive yang diambil dari makalah tersebut. Yang tentunya bisa diaplikasikan secara teroritis maupun prakteknya.

*BACA JUGA : ( Contoh saran makalah yang baik dan benar )

9. Contoh Penutup Makalah

Penutup makalah bisanya berisi 2 bagian yaitu, kesimpulan dan saran. Pembahasan saran sudah kami jelaskan dibagian atas, sedangkan kesimpulan berisikan tentang rangkuman poin-poin penting yang dibahas didalam makalah .

*BACA JUGA : ( Contoh penutup makalah yang baik dan benar )

10. Contoh Daftar Pustaka Makalah

Daftar pustaka merupakan bagian terakhir dari suatu makalah ini berisikan daftar rujukan-rujukan yang digunakan sebagai penyusun makalah. Rujukan atau referensi yang digunakan minimal yaitu mencakup 25 referensi. Penulisan daftar isi yang benar yaitu diharuskan secara sistematis, dan diurutkan sesuai alfabetis nama pengarang yang jelas.

Contoh daftar pustaka makalah yang sesuai kaidah yaitu dengan penulisan nama pengarang setelah itu tahun terbit, kemudian judul, kemudian tempat terbit (kota) dan penerbitnya.

Contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar :

Pustaka: Sigit, Melano, (1992), Filsafat Akulturasii. Jakarta, Gunung Agung- (1997), Hubungan antara masa dan jenis. Semarang: Aksara Benerang, (1996a), Metode Ilmiah. Yogyakarta,

11. Lampiran Makalah

lampiran makalah merupaka bagian terkhir dalam sebuah makalah berisikan tentang hal-hal tambahan yang berguna sebagai keterangan yang bisa membantu dalam sebuah makalah. keterangan yang bisa dilampirkan bisa berupa diagram, atau gambar-gambar lainnya.

*BACA JUGA : ( Contoh makalah mahasiswa yang benar beserta pedoman pembuatannya )

Comments (No)

Leave a Reply